Selasa, 25 Januari 2011

DAUR ULANG SAMPAH

Sampah plastik memang menjadi masalah bagi lingkungan. Selain banyak mencemari perairan sungai, laut dan tanah, untuk mengubahnya menjadi menarik untuk didaur ulang dan mempunyai nilai jual yang tinggi juga tidaklah mudah. Meski demikian berbagai usaha masih dilakukan oleh banyak perusahaan. Salah satunya adalah Envion.

Envion, sebuah perusahaan yang berlokasi di Washington,D.C, saat ini sedang menguji coba sebuah metode baru yang menurut perusahaan tersebut bisa mengubah sampah menjadi bahan baku asalnya, yaitu minyak bumi.

Untuk mengubah sampah plastik tersebut, Envion menggunakan metode yang berbeda dengan teknologi yang digunakan Global Resources Corporation. Envion memanfaatkan energi panas yang ditimbulkan infra merah dengan mengaturnya pada rentang suhu tertentu. Dengan teknologi tersebut, sebanyak 82% dari sampah plastik bisa diubah menjadi minyak.

Pabrik yang dimiliki Envion rencananya mampu mengubah 6.000 ton sampah plastik menjadi satu juta barel minyak. Minyak tersebut bisa dicapmur dengan komponen-komponen lain dan dijual kembali sebagai bensin dan diesel.




Neng Nur
IX-B

Tidak ada komentar:

Posting Komentar